Sat. Apr 13th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Sukses menjaga keandalan jaringan transmisi untuk mendukung penuh kebutuhan listrik selama setahun rangkaian penyelenggaraan event presidensial Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sejak akhir tahun 2021 hingga puncaknya pada November 2022 lalu, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkomitmen untuk mempertahankan standar penjagaan keandalan transmisi setaraf penyelenggaraan kegiatan KTT G20. Termasuk dalam menyongsong perhelatan Piala Dunia U20 yang sudah semakin dekat pada tanggal 20 Mei – 11 Juni 2023 di 6 (enam) kota di Indonesia, yang salah satunya kembali diselenggarakan di Bali.


Diungkapkan General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, PLN siap kembali mendukung penuh pasokan listrik selama event berlangsung. “PLN berkomitmen untuk support penuh penyediaan pasokan listrik selama event berlangsung, sehingga upaya menjaga sistem kelistrikan yang andal ini secara rutin kami kawal setiap pemeliharaan, meningkatkan proteksi jaringan, termasuk mempersiapkan tower emergency sebagai backup jika dibutuhkan untuk dapat menghantarkan listrik 150 kV untuk pasokan listrik ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali” papar Didik.


Didik melanjutkan, penyediaan tower emergency selama event FIFA U20 berlangsung di Bali ini sebagai langkah antisipatif untuk menambah keamanan dalam penyaluran kebutuhan listrik penyelenggaraan event Piala Dunia U20. “Tower emergency pertama telah berhasil didirikan hari Selasa (7/3) lalu, dalam waktu 3 hari oleh tim PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan) di GIS Tanah Lot 150kV. Selama event berlangsung, nantinya pasokan kebutuhan listrik di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar akan disalurkan langsung dari Gardu Induk (GI) Gianyar 150 kV” ungkapnya.


Manajer Unit Pelaksana Transmisi, Made Sujaya, menambahkan bahwa langkah mendirikan tower emergency awal minggu ini juga sebagai media berlatih dalam pemasangannya. “Sebagai bagian dari persiapan untuk lebih dapat mahir lagi dalam pemasangannya, tim PDKB juga diberikan pelatihan melalui Workshop Pemasangan Tower Emergency , sehingga jika saat dibutuhkan, dapat dilakukan dengan cepat” imbuh Made.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *