Tue. Jun 18th, 2024

 

Peresmian PLN UP3 Lubuk Linggau oleh GM PLN UID S2JB Adhi Herlambang (dua dari kanan), PJ Walikota Lubuk Linggau Trisko Defriyansyah (tiga dari kanan), Manager PLN UP3 Lubuk Linggau Hamdatul Rovikoh (paling kanan), beserta jajaran stakeholder. FOTODOCPLN


energikita.id – PLN Unit Industri Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) resmikan Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) baru, yaitu PLN UP3 Lubuk Linggau. Penambahan UP3 baru ini menjadi salah satu strategi PLN UID S2JB guna meningkatkan kualitas layanan. UP3 Lubuk Linggau akan mengelola 414.000 pelanggan yang terbagi menjadi 5 wilayah layanan, yaitu Lubuk Linggau, Muara Beliti, Pendopo, Tebing Tinggi, dan Musi Rawas Utara. PLN UP3 Lubuk Linggau mengelola asset kelistrikan berupa Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 3.154,65 kilometersirkuit, Jaringan Tegangan Rendah sepanhang 1.453,25 kilometersirkuit, 2.979 Gardu, 56.570 buah tiang Tegangan Menengah, dan 14.940 buah tiang Tegangan Rendah.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang mengatakan, PLN UP3 Lubuk Linggau merupakan pecahan dari PLN UP3 Lahat dan akan melayani Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten PALI, Kabupaten Empat Lawang dan dan Kabupaten Musi Rawas Utara. Pembentukan PLN UP3 Lubuklinggau juga menjadi salah satu strategi untuk memperkuat hubungan dengan pemerintah daerah, mitra kerja, dan para pemangku kepentingan di Lubuk Linggau dan sekitarnya.

“PLN UP3 Lubuklinggau ini menjadi salah satu strategi guna meningkatkan keandalan, layanan, dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, mitra kerja, dan para pemangku kepentingan. Harapannya, perusahaan dapat bergerak lebih lincah demi kontribusi penuh untuk mewujudkan visi PLN menjadi TOP 500 Global Company.” ungkap Adhi.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Lubuk Linggau, Hamdatul Rovikoh, mengatakan dengan keberadaan PLN UP3 Lubuklinggau, diharapkan dapat melayani dengan cepat jika terjadi gangguan kelistrikan sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik ke pada masyarakat.

“Saat ini beban puncak di Wilayah UP3 Lubuklinggau ini telah mencapai 129 Megawatt dengan daya mampu sebesar 331 Megawatt. Itu artinya PLN masih sangat mampu memenuhi kebutuhan listrik. Dengan hadirnya UP3 Lubuk Linggau, kami ingin meningkatkan kualitas layanan, salah satunya penanganan gangguan dapat dilaksanakan lebih cepat” tutur Rovikoh.

Rovikoh menambahkan, pihaknya siap melayani calon investor yang akan berbisnis di UP3 Lubuk Linggau.

“Saya sekali lagi menyampaikan harapan dengan terbentuknya UP3 Lubuklinggau ini akan menambah semangat bersama dalam mewujudkan S2JB yang lebih terang dan kami siap melayani calon investor untuk menjalankan usahanya di wilayah kerja UP3 Lubuklinggau ini. Jadi jangan ragu untuk berinvestasi di wilayah kerja UP3 Lubuklinggau” imbuh Rovikoh.

Sementara itu, Penjabat Walikota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa, memberikan apresiasi atas hadirnya UP3 Lubuk Linggau.

“Dengan kehadiran UP3 Lubuk LinggaU ini, kita harapkan lebih mengedepankan pelayanan pelanggan seperti penyelesaian keluhan pelanggan dengan cepat dan tentunya keandalan jaringan. Apalagi Kota Lubuk Linggau ini merupakan Kota terbesar kedua setelah Palembang dengan sarana dan prasarananya sangat lengkap. Kami Pemkot Lubuklinggau siap mendukung Kerjasama dan bersinergi dengan UP3 Lubuklinggau,” pungkas Trisko.

Secara terpisah, General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania, mengatakan kami juga telah menambah Unit Pelaksana pada Tahun ini yaitu PLN UP3 Mempawah, dengan naik kelas dari ULP menjadi UP3 yang membawahi 4 ULP, yakni ; ULP Mempawah, ULP Ngabang, ULP Siantan, dan ULP Tanjung Raya. Dengan data pelanggan wilayah kerja PLN UP3 Mempawah hingga Desember 2023 sebanyak 297.854 pelanggan dengan luas wilayah kerja 13.535 km2.

“Kami tempatkan para manager muda yang energik dan berkompeten di PLN UP3 Mempawah untuk dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan. Kami berkomitmen untuk segera menyelesaikan seluruh tugas-tugas untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, agar masyarakat dapat beraktivitas dengan baik, aman dan lancar,” ujar Joice.

Ia menyampaikan, dengan perubahan status dari Kantor ULP menjadi Kantor UP3 tentunya akan diikuti dengan peningkatan jumlah SDM yang akan berimbas terhadap peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *