Tue. Jun 18th, 2024
Ketua Srikandi PLN UPT Palangkaraya, Evi Oktaviana pada kegiatan Srikandi Movement. FOTODOCPLN

Palangkaraya – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan memperkenalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) kepada generasi emas Indonesia. Kali ini melalui gugus tugas Srikandi PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya, mengedukasi tentang potensi pemanfaatan energi listrik di SDN 5 Bukit Tunggal, jalan Hiu Putih Raya No.4, Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Jum’at (17/5).

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengungkapkan perasaan yang sangat bangga karena bisa berbagi pengetahuan tentang kelistrikan dengan para siswa. Salam menekankan bahwa listrik bukan hanya bagian penting dari kehidupan sehari-hari, tetapi juga berperan besar dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Melalui pemahaman yang lebih baik tentang kelistrikan dan penggunaan energi yang efisien, kita dapat berkontribusi dan menjadi bagian terhadap SDGs ke-7 yakni Energi Bersih dan Terjangkau, serta mendukung upaya global dalam mengurangi dampak perubahan iklim sesuai dengan SDGs-13: Penanganan Perubahan Iklim,” terang Salam.

Salam juga turut mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Srikandi UPT Palangkaraya dalam mengedukasi potensi pemanfaatan energi listrik sejak dini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk siswa-siswi di SDN 5 Bukit Tunggal. Karena dengan menggunakan energi listrik secara bijaksana, tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tetapi juga ikut serta dalam upaya menjaga lingkungan. Semoga edukasi ini menginspirasi adik-adik untuk terus belajar dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan dunia,” jelas Salam.

Manager PLN UPT Palangkaraya, Bayu Putra Andrianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai pentingnya menjaga keselamatan dalam mengelola kelistrikan. Selain itu, kegiatan ini juga turut mendorong pengembangan peran dan talenta wanita di lingkungan kerja yang kondusif.

“Melalui gugus tugas Srikandi ini, PLN ingin memberikan wadah bagi pegawai perempuan untuk mengaktualisasikan perannya dalam dunia kerja maupun berbagai kegiatan sosial dan lainnya,” tutur Bayu.

Sementara itu, Ketua Srikandi UPT Palangkaraya, Evi Oktaviana mengatakan kegiatan Srikandi mengajar merupakan salah satu agenda rutin Srikandi PLN untuk menyiapkan generasi emas Indonesia.

“Srikandi PLN merupakan gugus tugas yang dibentuk BUMN dan PLN untuk memberi manfaat bagi masyarakat melalui dukungan ilmu, tenaga serta keahlian, salah satunya dengan kegiatan Srikandi Movement,” ujar Evi.

Kepala Sekolah SDN 5 Bukit Tunggal, Musmarmadi menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan tentang kelistrikan kepada siswa-siswinya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dari PLN bersama para Srikandi PLN, atas sharing pengetahuan baru kepada anak-anak kami, Ke depannya sekolah berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat secara langsung terhadap proses belajar mengajar anak di sekolah,” terangnya.

Kegiatan yang dihadiri puluhan siswa-siswi SDN 5 Bukit Tunggal Palangkaraya ini sejalan dengan program pendidikan sekolah yaitu adanya kerjasama antara sekolah dan instansi terkait dalam mengembangkan pendidikan khususnya di kota Palangkaraya. Kegiatan seperti ini berdampak baik dan memotivasi belajar anak di bangku sekolah, terlihat dari antusiasme para siswa-siswi yang begitu besar dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Srikandi PLN ini.

Secara terpisah, General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania, mengatakan Srikandi PLN UID Kalbar juga telah melakukan Sosialisasi terkait penggunaan aplikasi PLN Mobile ke organisasi wanita di Singkawang.

“Kenapa kegiatan ini dilakukan terkhusus kepada ibu-ibu, karena informasi itu lebih cepat sampai lewat ibu-ibu dan urusan rumah tangga seperti bayar listrik biasanya urusan ibu-ibu,” ungkap Joice.

Ia berharap semakin meningkatnya pengalaman baik pelanggan terhadap PLN dan makin banyak yang menikmati kemudahan-kemudahan layanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *