Sat. May 18th, 2024
Foto Dok PLN

Sebagai lumbung padi nasional, wilayah Madiun mengalami pertumbuhan konsumsi listrik 22,07%

energikita.id – PT PLN (Persero) turut menyukseskan acara Panen Raya Padi bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di areal persawahan Desa Kartoharjo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (11/03). Pasalnya melalui electrifying agriculture yang telah dimanfaatkan oleh 4.265 petani untuk pompa air dan telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas pertanian. 


Manager PLN UP3 Madiun, Rizky Ardiana Bayuwerty memaparkan dalam proses produksi padi di areal persawahan, sebagian besar petani padi di Ngawi, Madiun dan sekitarnya telah menggunakan pompa air listrik guna menunjang produktivitas pertanian padi.


Hal ini tentu saja selaras dengan pernyataan Jokowi yang menyatakan  Ngawi merupakan produsen gabah kering panen (GKP) dengan produktivitas tertinggi se-Jawa Timur yang menjadikan Ngawi digadang sebagai lumbung pangan nasional. 


“Saat ini terdapat 4.265 pelanggan agriculture di wilayah kerja PLN UP3 Madiun dengan total daya 20,7 MVA. Hal ini terus meningkat seiring dengan demand Ngawi sebagai lumbung pangan nasional. Pertumbuhannya naik 29,71% per tahunnya,” imbuh Rizky.


Lebih lanjut, ia menerangkan sektor agriculture terdiri dari perikanan, perkebunan, pertanian dan peternakan. Penyumbang terbesar yakni dari sektor pertanian dengan jumlah pelanggan sebanyak 3.640 dengan kenaikan per tahun sebesar 22,07%.


Tercatat pada Februari 2023, terdapat pertumbuhan pelanggan agriculture di wilayah PLN UP3 Madiun sebanyak 610 pelanggan dengan daya terpasang sebesar 2.836 kVA.


Dalam kegiatan yang sama, PLN pun mensiagakan personel dan menjaga keandalan pasokan listrik. Manager PLN UP3 Madiun, Rizky Ardiana Bayuwerty menyampaikan, PLN menyiagakan 24 personel, 2 unit Genset Mobile 100 kVA, dan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 100 kVA.


“Personel telah kami siagakan dengan genset mobile untuk mengamankan lokasi dan alhamdulillah berjalan lancar dan andal,” terang Rizky.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *