Sun. May 26th, 2024
Salah satu penerapan ESG di PLN, yaitu pengembangan UMKM. FOTO DOK PLN

energikita.id – PT PLN (Persero) meraih 3 penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023. PLN mendapat apresiasi tinggi karena kinerja positifnya dianggap berkontribusi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Masing-masing penghargaan yang disabet PLN adalah, pertama The Most Prominent State Owned Company in Management Transformation untuk kinerja keuangan terbaik dicapai PLN melalui transformasi di berbagai bidang. Kedua, The Most Prominent State Owned Company in Financial Contribution to the Nation untuk meningkatnya setoran pajak negara dan belanja produk dalam negeri. Ketiga, The Most Prominent Company in Community Involvement & Development untuk tanggung jawab sosial dan pengembangan komunitas PLN yang masif bersama semua jaringan usaha dalam acara yang diinisiasi Metro TV bersama Solutee.id ini.


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti berhasilnya transformasi selama lebih dari 3 tahun yang dilakukan PLN. Penghargaan ini juga sebagai tambahan motivasi untuk perusahaan menjadi lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat.


“PLN berkomitmen untuk menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sehat dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi sebagai jantungnya Indonesia. Dalam hal ini, PLN telah melakukan transformasi agar lebih siap menghadapi apa pun tantangan yang ada di depan,” Kata Darmawan.


Darmawan juga menyampaikan, sebagai BUMN, PLN bertekad untuk menjadi motor penggerak ekonomi dan pembangunan. Transformasi yang telah berhasil ini merupakan awal dan akan terus dilanjutkan, PLN akan terus mempersiapkan diri untuk beradaptasi pada lingkungan dan kebutuhan pelanggan serta tuntutan global. 


Termasuk peningkatkan belanja produk dalam negeri untuk mendukung terciptanya iklim bisnis dalam negeri yang baik dan berkontribusi lebih banyak kepada negara melalui setoran baik pajak maupun non-pajak serta penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang tepat sasaran.


“Penghargaan ini menjadi bukti nyata PLN hadir di tengah masyarakat, bahu membahu membangun negeri. Tentu saja, penghargaan ini juga untuk seluruh insan PLN yang telah memberikan kinerja terbaiknya untuk bangsa,” tutur Darmawan.


Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Selamun menyampaikan, Prominent Awards memberikan apresiasi pada perusahaan atau lembaga yang “prominent”, yang berhasil memberikan dampak besar bagi masyarakat. Ia melihat penghargaan ini semakin mendapatkan konteksnya pasca seluruh perusahaan dan lembaga terpilih bisa survive dan bertumbuh meski menghadapi pandemi covid-19.


Di samping itu, Don Bosco menilai perusahaan dan lembaga yang memperoleh penghargaan di ajang Prominent Awards turut andil dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang di kuartal II tahun 2023 ini tumbuh 5.17% YoY atau naik dari kuartal I yang masih di angka 5.04%.


“Penting untuk kami menggaungkan pencapaian-pencapaian ini. Supaya menjadi inspirasi bagi perusahaan dan lembaga lain berbuat yang sama, bahkan lebih besar lagi,” jelas Don Bosco.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *