Sat. May 25th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mobile milik PLN kini siap membantu pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. SPKLU mobile ini bersiaga di ruas jalan tol Jawa Tengah untuk melayani pengisian daya kendaraan listrik saat keadaan darurat, khususnya bagi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah ruas jalan tol. 


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau SPKLU mobile PLN di Rest Area 444B Bawen – Salatiga pada Senin (17/4) mengapresiasi hadirnya SPKLU mobile pertama di Indonesia ini. 


“Ada SPKLU juga di sini, jadi yang ingin beristirahat sambil charge mobil listrik silahkan, tempatnya nyaman,” ujarnya.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan, PLN berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan mudik lebaran tahun 2023, khususnya dengan menyediakan SPKLU bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.


“Kami siapkan 616 SPKLU tersebar di seluruh Indonesia ditambah 3 SPKLU mobile yang beroperasi khusus di ruas jalan tol di Jawa Tengah. Titik ini memang menjadi pusat lalu lintas mudik. Kami ingin pengguna kendaraan listrik dapat mudik dengan nyaman,” ucap Darmawan.


General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A. Bargowo Wahyu Jatmiko menyampaikan bahwa SPKLU mobile ini merupakan inovasi terbaru PLN. SPKLU ini dapat mendatangi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah jalur tol. Adapun SPKLU mobile ini siap siaga di 3 titik yaitu exit Tol Bawen, exit Tol Weleri, dan exit Tol Semarang selama periode arus mudik dan arus balik pada 19 April hingga 2 Mei 2023.


“Kami siapkan 3 Unit SPKLU mobile, jadi kita dapat melakukan pengisian daya dimanapun dan kapanpun. Inovasi ini sangat cocok untuk keadaan darurat yang bisa jadi dialami para pemudik yang menggunakan listrik, yaitu kehabisan daya mobil di tengah ruas jalan tol,” tutur Jatmiko.


Dalam pelaksanaan program ini, PLN bekerja sama dengan stakeholders yaitu Polda Jawa Tengah dan PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol di Jawa Tengah.


“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PT TMJ dan Polda Jawa Tengah yang telah bersinergi menghadirkan SPKLU mobile di ruas jalan tol di Jawa Tengah. Upaya bersama ini tentu agar masyarakat dapat mudik lebaran ke kampung halaman dengan aman dan nyaman,” kata Jatmiko.


Hendra Gie pemudik pengguna kendaraan listrik asal Jakarta yang akan menuju Surabaya memanfaatkan SPKLU Mobile saat berada di Rest Area 429A Ungaran, Jawa Tengah. Dirinya menilai, hadirnya SPKLU Mobile sangat membantu dirinya dalam melakukan perjalanan mudik tahun ini. 


“Hadirnya SPKLU Mobile ini sangat membantu sekali bagi saya, karena perjalanan dari Jakarta ini padat dan macet. Jadi ini saya bisa charge sambil istirahat,” ujar Hendra. 


Jika pemudik dengan mobil listrik kehabisan daya di jalur tol dan membutuhkan layanan SPKLU Mobile, dapat langsung menghubungi nomor telepon hotline tol 14080. Petugas tol TMJ akan menghubungi SPKLU mobile terdekat untuk melakukan pengisian daya listrik di lokasi mobil listrik berada.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *