Sat. May 18th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, PT PLN (Persero) memberangkatkan 2 armada bus listrik  dari Jakarta menuju Bandung dalam program mudik gratis ‘Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023’.


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan penggunaan armada bus listrik dalam mudik gratis ini tidak hanya mengurangi risiko kemacetan dan kecelakaan tetapi juga mengurangi emisi karbon yang dihasilkan saat mudik lebaran.


“Program mudik gratis ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan perseroan bersama-sama dengan Kementerian BUMN, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada mudik gratis tahun ini disediakan 2 bus listrik. Hal ini harapannya tidak saja mengurangi risiko kemacetan dan kecelakaan, tapi juga polusi,” terang Darmawan.


Darmawan menjelaskan penggunaan bus listrik ini sekaligus menjadi showcase bagi masyarakat bahwa kendaraan listrik andal dan nyaman untuk jadi transportasi publik sekaligus akan memberikan pengalaman baru dan menarik bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman.


“Kami ingin mudik ini masyarakat merasakan sensasi menggunakan bus listrik. Mudik pakai bus listrik yang minim emisi, namun tetap nyaman,” kata Darmawan.


Darmawan menegaskan bahwa perjalanan mudik menggunakan bus listrik ini sama nyamannya dengan bus berbahan bakar minyak, apalagi dengan daya baterai yang terisi penuh bus listrik mampu menempuh jarak Jakarta-Bandung dengan sekali jalan tanpa perlu charging  lagi.


Hal ini juga ditegaskan oleh Jaka Perwira Rahmansyah, General Manager Sales and Marketing PT Mobil Anak Bangsa (MAB) selaku produsen bus listrik yang digunakan untuk mudik bersama. Aa mengatakan bus listrik sangat mampu mengakomodir kebutuhan mudik ke wilayah Bandung, sekali charging bus listrik tersebut mampu menempuh perjalanan hingga 250 km.  


“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh manajemen PLN. Semoga seluruh peserta mudik selamat sampai tujuan. Semua bus listrik dalam perjalanan menuju Bandung sangat aman, tanpa perlu melakukan _charging,” jelas Jaka.


Salah satu peserta mudik bersama PLN, Diky Arif Rachmat mengungkapkan pengalaman pertamanya menggunakan bus listrik untuk perjalanan mudik. Ia sangat terkesan dengan kenyamanannya.


“Naik bus listrik sangat nyaman, tidak berisi, juga bisa membantu mengurangi polusi udara. Terima kasih PLN sudah mengadakan mudik gratis bersama,” ungkap Diky.


Pada perayaan Idul Fitri tahun ini, PLN memberangkatkan sebanyak 10.000 pemudik, selain 2 bus listrik, PLN juga menyediakan sebanyaki 150 bus, 23 gerbong kereta api, dan kapal laut dengan kapasitas 200 kursi. 


Pemberangkatan dilakukan serentak pada tanggal 18 April 2023 dari beberapa lokasi yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Sedangkan tujuannya adalah kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *