Sun. May 26th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – PT PLN (Persero) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalur utama mudik siap melayani pengguna kendaraan listrik pada periode arus mudik dan balik lebaran 2023/1444 Hijriah. Komitmen ini terlihat dengan hadirnya salah satu SPKLU di Rest Area KM 57 A Jakarta Cikampek berjenis ultra-fast charging 200 kilowatt (KW).


Anton, salah seorang pemudik yang telah memanfaatkan SPKLU di Rest Area 57A Jakarta Cikampek, mengaku sangat terbantu dengan fasilitas SPKLU di jalur mudik.


“SPKLU ini sangat membantu saya yang mudik dengan kendaraan listrik. Untuk tahu lokasinya juga cukup mudah, tinggal lihat di aplikasi PLN Mobile,” ujar Anton.


Anton juga menyampaikan, kendaraan listrik menjadi pilihannya di mudik kali ini karena lebih irit dan nyaman. Anton pun berbagi tips bagi pemudik lain yang ingin mudik dengan mobil listrik, dengan memastikan kesiapan kendaraan sebelum berangkat dan mengecek lokasi SPKLU di jalur yang akan dilewati.


Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN memastikan SPKLU siap melayani dan memudahkan untuk masyarakat menggunakan mobil listrik selama periode mudik lebaran 2023. Dalam memastikan kelancaran mudik, PLN telah menyiapkan sebanyak 616 SPKLU tersebar di 279 lokasi seluruh Indonesia untuk melayani masyarakat.


“Kami siap mendukung pemudik yang menggunakan mobil listrik agar tetap nyaman saat mudik. Seluruh SPKLU siap untuk melayani pengguna mobil listrik saat mudik,” ujar Darmawan.


Darmawan berharap dengan tersedianya SPKLU di jalur mudik membuat pengguna kendaraan listrik merasa aman dan nyaman untuk menjalani mudik lebaran tahun ini.


“Semoga dengan tersedianya SPKLU di sepanjang jalur utama mudik ini dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman ketika perjalanan menuju ke kampung halaman,” kata Darmawan.


General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan, PLN terus memberikan layanan terbaik bagi pemudik menggunakan kendaraan listrik dengan kehadiran SPKLU di jalur utama mudik.


Susi mengatakan, di Jawa Barat juga terdapat 110 lokasi SPKLU PLN yang tersebar di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat dengan total 123 charger yang siap digunakan para pemudik.


“Kami menyediakan SPKLU di jalur tol yang merupakan jalur utama pemudik ke arah Jawa Tengah. Sementara untuk pemudik yang berasal dari Jawa Barat dan menggunakan kendaraan listrik juga tidak perlu khawatir untuk men-charge kendaraannya, dari Sukabumi hingga Pangandaran telah tersedia fasilitas SPKLU,” ujar Susi.


SPKLU ultra-fast charging 200 kilowatt (KW) lainnya juga hadir di Rest Area KM 62 B Jakarta Cikampek, Rest Area KM 130 A Cipali, Rest Area KM 101 B Cipali, Rest Area KM 228 A Kanci Pejagan, Rest Area KM 229 B Kanci Pejagan, Rest Area KM 88 A Cipularang, Rest Area KM 88 B Cipularang, Kantor PLN UP3 Bogor, Kantor PLN KP Limbangan dan PLN Braga Heritage (SPKLU Mobile). Dengan hadirnya fasilitas SPKLU yang tersebar di berbagai titik ini diharapkan dapat memudahkan pemudik dalam merencanakan perjalanan dan semakin nyaman menggunakan kendaraan listrik.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *