Sat. Apr 13th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten gelar Apel Sinergi Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM) sebagai wujud tindak nyata komitmen PLN dalam menjaga dan meningkatkan keandalan jaringan listrik. 


Apel dilaksanakan pada hari Senin (13/03) di Lapangan Bola Detasemen Arteleri Pertahanan Udara 003 dengan mengusung tema Synergy is An Energy dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan tanpa padam di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikupa guna mengamankan pasokan tenaga listrik menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. 


Kegiatan apel diikuti oleh 106 personil yang terdiri dalam 5 tim PDKB sentuh langsung, 2 tim pemeliharaan khusus, 5 tim vendor pelaksana, 1 tim PDKB Berjarak dan 6 tim Right of Way (ROW) dari PT Haleyora Power yang bertugas melaksanakan pembersihan jaringan listrik dari benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas pasokan listrik. 


Kegiatan pemeliharaan dilaksanakan di 149 titik pada 5 penyulang dan pekerjaan ROW pada 276 pohon di 9 penyulang dengan target kWh terselamatkan sebesar 268.662 kWh atau setara dengan 317.515.334 rupiah. 


General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menyampaikan pesan kepada pasukan PDKB yang merupakan wujud nyata komitmen PLN untuk memberikan pelayanan terbaik dan rasa nyaman kepada pelanggan agar selalu bekerja dengan memegang teguh konsep zero accident sehingga selalu mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam bekerja. 


“Tim PDKB menjadi tim yang paling diandalkan dalam menjaga kualitas listrik kepada masyarakat khususnya di Provinsi Banten, mampu bekerja dalam kondisi tanpa padam sehingga wajib memegang teguh prinsip bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku dan tetap mengedepankan prinsip K3 sehingga tercipta zero accident, memastikan seluruh personil yang akan bekerja dalam kondisi sehat dan siap bekerja, memastikan peralatan dan material pendukung lainnya selalu dalam kondisi siap dan prima untuk melayani masyarakat sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik,” ungkap Mukhlis. 


Melalui gelaran apel Sinergi PDKB TM PLN UID Banten ini diharapkan pasukan khusus PDKB PLN di wilayah kerja PLN UID Banten menjadi makin solid sehingga dapat semakin tangguh dalam menjaga keberlangsungan keandalan pasokan listrik. Pasukan PDKB sendiri merupakan pasukan elit PLN yang terdiri dari orang-orang terpilih dengan kompetensi khusus. Mereka sudah memiliki sertifikat khusus dan terlatih dalam melakukan pekerjaan pemeliharaan, perbaikan listrik, pada jaringan listrik PLN dalam kondisi bertegangan.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *