Sun. Apr 14th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Menghadapi transisi energi, PLN UID S2JB ajak masyarakat berkenalan dengan kendaraan masa depan, yaitu kendaraan listrik. Salah satu dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia melalui keterlibatan aktif dalam gelaran Electric Motor Show terbesar di Sumatera Selatan. Bertempat di OPI Mall Palembang, gelaran ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sumsel, dan Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Sumsel yang membagikan pengalaman menarik mengenai penggunaan kendaraan listrik dan urgensi transisi energi.


Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Sumsel, Idham, mengatakan bahwa penggunaan kendaraan listrik adalah salah satu upaya untuk menggalakkan penggunaan energi bersih.


“Kita harus mempertimbangkan bahwa EBT dan efisiensi energi akan memainkan peran penting untuk membangkitkan ekonomi khususnya pasca pandemi COVID-19 dan memastikan keamanan energi dalam jangka panjang. Salah satu upaya efisiensi energi ini adalah melalui penggunaan kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan” kata Idham.


PLN sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik terus berkomitmen mendukung transisi energi di Indonesia dengan meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) serta menyediakan infrastruktur kendaraan listrik untuk mendukung kenyamanan para pengguna kendaraan listrik.


Sebagai bentuk komitmen PLN, melalui gelaran Electric Motor Show terbesar di Sumatera Selatan ini PLN UID S2JB secara aktif mengajak masyarakat untuk tidak ragi lagi menggunakan kendaraan listrik. Hal ini diungkapkan Amris Adnan, General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan.


“Masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tak perlu khawatir. PLN akan terus menambah jumlah fasilitas kendaraan listrik untuk mendukung kenyamanan pelanggan. Di wilayah kerja Sumsel, Jambi, dan Bengkulu sudah ada 15 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Untuk tau dimana lokasinya, tinggal cek di PLN Mobile.” ungkap Amris.


Tidak hanya bekerja sama dengan produsen EV dan melakukan pembangunan SPKLU, PLN juga memberikan layanan pemasangan home charging gratis untuk pengguna EV baru


“Tahun ini kami berencana menambah 14 fasilitas SPKLU lainnya. Ingin lebih nyaman lagi, akan kami layani dengan fasilitas home charging. Selain itu ada program promo tambah daya, potongan harga motor listrik sebesar 7 juta bagi pengguna motor listrik” tambah Amris menjelaskan fasilitas dan layanan kelistrikan dari PLN untuk para pengguna kendaraan listrik.


Giri Ramanda Kiemas, Ketua DPRD Sumsel membagikan pengalamannya menggunakan kendaraan listrik kepada masyarakat dalam gelaran Electric Motor Show ini.


“PLN memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik. Ini Saya buktikan, Saya sudah pakai 3 kendaraan listrik. Saya pasang meter listrik untuk home charging, dan biaya konsumsi listrik untuk kendaraan cuma sekitar 280rb an, yang biasanya 2jutaan dengan kendaraan bahan bakar fossil” jelas Giri berbagi pengalaman.


“Saya sudah gunakan kendaraan listrik untuk perjalanan Palembang – Lampung. Untuk perjalanan ke Lampung sendiri PLN sudah menyediakan beberapa titik pengisian daya” tambah Giri.


Didukung oleh jajaran pemerintah, gelaran Electric Motor Show ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dan diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 15 sampai dengan 19 Maret 2023. 


Deru menyampaikan bahwa pemerintah tengah mempersiapkan diri sesuai pesan Erick Thohir, Menteri BUMN, bahwa 2050 dunia bersepakat tidak menggunakan energi fossil. Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Sumsel membebaskan biaya balik nama dan pemotongan pajak kendaraan listrik.


“Minat masyarakat terhadap kendaraan listrik sudah banyak. PLN juga tegah menyiapkan infrastrukur kelistrikan. Pemerintah Sumsel juga telah melakukan dukungan dengan membebaskan biaya balik nama Rp.0,-  dan pemotongan pajak kendaraan listrik” pungkas Deru saat membuka acara.


Kegiatan ini juga diramaikan oleh berbagai produsen kendaraan listrik. Tidak hanya mendapat info seputar kendaraan listrik, masyarakat yang tertarik dengan kendaraan listrik dapat langsung melihat dan mencoba fitur-fitur kendaraan listrik melalui fasilitas test drive yang telah disediakan.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *