Sun. May 26th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya telah sukses mengawal pasokan listrik tanpa kedip sebesar 1.111 kilo Volt Ampere (kVA) untuk konser Blackpink Born Pink World Tour Jakarta, pada 11 dan 12 Maret 2023 di Stadion Gelora Bung Karno. Perkuatan dilakukan dengan pasokan listrik berlapis dan dilengkapi alat pemindah otomatis pada jaringan listriknya. Sebanyak 30 orang petugas juga disiagakan selama jalannya konser 2 hari. 


Daya listrik 1.111 kVA terdiri dari daya berlangganan Stadion Utama GBK sebesar 315 kVA dan penambahan daya sementara sebesar 796 kVA khusus untuk konser ini menggunakan 3 Unit power bank PLN atau Gardu Bergerak (UGB). PLN juga menyiapkan 1 unit Uninterruptible Power Suply (UPS) daya 300 kVA. 


Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, mengatakan, “PLN siap mengawal kelistrikan gelaran internasional dengan keandalan maupun kecukupan daya listriknya.” 


Saat ini, sistem kelistrikan PLN UID Jakarta Raya disuplai dari 6 subsistem dengan total daya 7.205 Mega Watt (MW) dan mempunyai cadangan 28,41%. 


“Dari cadangan 28,41% PLN siap memasok kelistrikan pada event besar maupun menjawab kesiapan kelistrikan menghadapi era kendaraan listrik,” Doddy menjelaskan. 


Sebelum Blackpink, PLN juga telah sukses mengawal kelistrikan konser Raisa pada 25 Februari 2023 yang digelar di GBK. Tahun 2023, GBK juga akan menjadi salah satu tempat pertandingan pada Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni mendatang. PLN telah menyiapkan kelistrikan di GBK untuk pertandingan dunia tersebut. 


“Untuk Piala U-20 di GBK kami juga telah menyiapkannya, ada venue utama di Stadion Utama GBK dan venue latihan di Stadion Madya dan Lapangan A-B-C,” ungkap Doddy.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *