Sat. Apr 13th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – PT PLN (Persero) siap mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui kemudahan akses dengan aplikasi PLN Mobile. Dalam aplikasi one stop solution tersebut PLN memberikan fitur khusus yang akan memudahkan masyarakat mendapatkan segala kebutuhan kendaraan listriknya.


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, seiring keputusan pemerintah memberikan dukungan bantuan untuk pembelian kendaraan listrik, PLN telah menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan SuperApp PLN Mobile. Aplikasi ini menyediakan kebutuhan masyarakat mulai dari informasi lokasi infrastruktur pengisian daya seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) hingga marketplace yang di dalamnya memuat kebutuhan masyarakat atas kendaraan listriknya.


“Mau pasang daya, tambah daya, cari SPKLU, sampai membeli motor listrik semua bisa diakses di PLN Mobile kami. Masyarakat tak perlu repot lagi mencari di mana kendaraan listrik ini bisa didapatkan,” ujar Darmawan.


Melalui kerja sama dengan produsen kendaraan listrik, Darmawan memaparkan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan spesifikasi produk. Kolaborasi dengan tiga produsen motor listrik seperti Gesits, Volta, dan Selis memungkinkan PLN Mobile menyediakan motor listrik beserta suku cadangnya. 


“Sinergi dengan manufaktur motor listrik ini merupakan wujud nyata PLN dalam menyukseskan program pemerintah dalam mengakselerasi transisi energi,” tambah Darmawan.


Melalui PLN Mobile, masyarakat juga bisa mengajukan kredit kendaraan listrik. Karena PLN juga telah bekerja sama dengan seluruh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) agar masyarakat mendapat lebih banyak kemudahan saat membeli kendaraan listrik.


“PLN dengan Himbara kompak bergerak dalam satu nafas untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik. Bersama-sama kita tawarkan solusi bagaimana masyarakat bisa membeli motor listrik dengan akses pembiayaan yang mudah dan praktis. Kita adakan marketplace dan skema kredit, kerja sama dengan bank-bank tersebut,” ujar Darmawan.


Untuk mengakses segala kemudahan tersebut, pelanggan tinggal mengakses fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di PLN Mobile. Fitur ini khusus didesain agar pelanggan bisa mengakses semua layanan kendaraan listrik dalam sekali klik.  


Selain itu, Darmawan mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk beralih ke kendaraan listrik, karena PLN telah membangun banyak SPKLU dan SPBKLU. Sampai saat ini PLN telah mengoperasikan 616 SPKLU yang tersebar di 279 titik dan 1.056 unit SPBKLU di seluruh Indonesia.


“PLN akan terus mendukung segala program Pemerintah. Kami akan terus menyiapkan charging station ini ke seluruh pelosok Indonesia agar masyarakat tak ragu lagi memakai kendaraan listrik. Semua fasilitas kini sudah tersedia,” tutup Darmawan.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *