Sun. May 26th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Kegembiraan 40 kepala keluarga (KK) di wilayah Permukiman Tabali Atas, Kelurahan Sarotari, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur menikmati listrik setelah tujuh tahun mengandalkan penerangan menggunakan lampu pelita, tidak dapat di sembunyikan .


Maria Beto Lewar (68 thn) yang memiliki lima anak, tujuh belas cucu yang merupakan salah satu warga pada permukiman Tabali sangat bersyukur karena di pemukimannya lampu sudah nyala dan teraliri listrik.


Diakui Ibu Maria Beto, kehadiran listrik sangat penting seperti malam hari, dirinya sekarang bisa berjualan di kios miliknya . “Adanya listrik sangat bermanfaat bagi keluarga kami dan dalam waktu dekat mau beli kulkas untuk bisa jualan es dan minuman dingin demi pengembangan kiosnya jadi bisa menambah perekonomian kami.” ungkapnya. 


Disamping itu, “Sekarang anak dan cucu kami mulai senang, karena dulu sebelum ada listrik mau cas Handphone untuk kerja tugas sekolah harus turun ke Sarotari  numpang cas di rumah warga yang sudah berlistrik, kini dari rumah sudah bisa cas sendiri dari rumah dan ini membantu mereka di pendidikannya” ujar Ibu Maria


Sejak 08 Februari 2023 lalu telah dilaksanakan  peresmian penyalaan listrik di wilayah permukiman Tabali Atas larantuka oleh Manager PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Larantuka dan Penjabat Bupati Flores Timur.


Pembangunan kelistrikan desa dan dusun tengah digarap PLN  mendapat apresiasi dari Doris Alexander Rihi selaku PLT bupati Flores Timur. 


“Penantian masyarakat di sini untuk dapat menikmati listrik PLN akhirnya terwujud setelah menunggu waktu yang lama. Saya yakin dengan adanya listrik dari PLN di wilayah ini akan membawa dampak yang baik kedepannya dan dapat mendorong tumbuhnya sektor perekonomian masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta bisa menunjang belajar anak-anak kita pada malam hari,”Unkap Doris.


Lebih Lanjut Doris mengatakan,”Wujud hadir dari PLN ini diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat dan PLN akan terus berupaya meningkatkan kehandalan jaringan listrik dan mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik yang diakibatkan oleh bencana alam seperti pohon tumbang ,banjir ,tanah longsor dan lain-lain dan masyarakat dapat menjaga dan merawat jaringan listrik PLN yang sudah terbangun agar selalu aman dan dapat berfungsi baik secara sukarela dengan membantu membersihkan dan menyingkirkan tanam tumbuh yang bisa mengganggu dan membahayakan sistem jaringan listrik,” Tuturnya.


Untuk Melistriki  Pemukiman Tabali Atas , PLN membutuhkan pembangunan jaringan sepanjang  0.8 kms. Manager PT PLN (Persreo) ULP Larantuka Arif Budiman menyampaikan , “Kini masyarakat disini sudah bisa menikmati listrik secara langsung  dari PLN, tentunya ini merupakan bentuk dukungan dari semua pihak, baik Pemerintah daerah, kecamatan maupun masyarakat setempat. Semoga kehadiran listrik menambah kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.” ungkap Arif.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *