Sat. Apr 13th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Pembukaan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 berlangsung sukses dan megah pada Kamis (16/2). Bukan tanpa sebab, kesuksesan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini tentu juga didukung pasokan listrik yang andal dari PT PLN (Persero).


Tanpa menggunakan genset, pameran yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini dipasok listrik andal dengan daya sebesar 660 kilovolt ampere (kVA).


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN menjamin listrik yang andal tanpa polusi udara dan tanpa suara demi kemegahan IIMS 2023.


“Bukan hanya tanpa kedip, kami berkomitmen memberikan pelayanan maksimal melalui suplai energi listrik andal, tanpa polusi suara dan udara, agar para pengunjung IIMS 2023 dapat menikmati pameran dan sajian hiburan yang disuguhkan dengan nyaman,” kata Darmawan. 


Darmawan menjelaskan, total daya 660 kV terbagi di beberapa lokasi yakni untuk Hall D JIExpo sebesar 555 kilo Volt Ampere (kVA) dengan menggunakan Power Bank. Sementara pasokan listrik untuk Hall C dan arena test drive sebesar 105 kVA. 


Untuk menjamin listrik anti kedip selama penyelenggaraan berlangsung, PLN juga menyiagakan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 300 kVA beserta personel yang siap siaga.


“Personel pelayanan teknik bersiaga secara bergantian untuk memastikan ajang otomotif berlangsung lancar tanpa kendala kelistrikan,” tambah Darmawan.


Tak hanya kelistrikan, dukungan PLN untuk gelaran IIMS 2023 yang berlangsung selama 16 hingga 26 Februari 2023 ini, juga ditunjukkan dengan kehadiran inovasi dan produk yang mendukung ekosistem kendaraan listrik. Beragam fasilitas kendaraan listrik yang dipamerkan seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) hingga layanan home charging.


Pada IIMS Tahun 2023 yang mengangkat tema ‘Bringing Opportunity for Otomotive Society Together’ ini, PLN juga menyediakan Hall khusus motor listrik dan test ride motor listrik untuk para pengunjung. Berbagai produk yang dipamerkan antara lain 12 motor listrik hasil konversi dari motor BBM yang diproduksi oleh PLN Pusharlis dan PLN Puslitbang.


“Seluruh infrastruktur kelistrikan ini merupakan upaya PLN dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik. Kami juga terus meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik serta menarik minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik,” kata Darmawan.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *