Sun. Apr 14th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – PT PLN (Persero) berkomitmen dalam mengutamakan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses bisnisnya. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan, komitmen tersebut diutamakan demi memberikan pelayanan yang optimal dan berkelanjutan bagi pelanggan.


“Agar dapat terus memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang optimal dan berkelanjutan, saya instruksikan pada seluruh unsur PLN Group untuk selalu disiplin dalam menerapkan K3,” tegas Darmawan.


Dirinya berpendapat, penerapan K3 yang disiplin di seluruh lini perseroan akan menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan.


“Penerapan K3 yang disiplin adalah solusi baik bagi pelanggan maupun insan PLN. Ketika insan PLN sehat dan selamat dalam menjalankan tugas, maka pelanggan pasti memperoleh kepuasan, berupa listrik yang sustain dan andal,” terangnya.


Dirinya juga mengimbau kepada seluruh insan PLN Group agar implementasi K3 tidak hanya hangat saat momen Bulan K3 Nasional, melainkan juga pada tiap saat menunaikan tugas.


“Momen Bulan K3 Nasional dianggap sebagai pengingat pada tiap tahunnya, namun penerapannya tolong dilakukan setiap detik kita bertugas. Listrik yang kita hadirkan jelas penting dan menjadi kebutuhan bagi pelanggan. Oleh karena itu, terapkan dengan disiplin K3 dalam bekerja agar besok seterusnya kita dapat terus melanjutkan peran mulia ini,” jelas Darmawan.


Terkait peringatan Bulan K3 Nasional yang berlangsung pada 12 Januari-12 Februari akan dimaksimalkan perseroan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3 di tiap unsur, dari Holding, Sub Holding, Anak Perusahaan hingga unit-unit di seluruh tanah air.


Dalam memperingati Bulan K3 Nasional, PLN tengah melaksanakan serangkaian kegiatan berkolaborasi dengan stakeholder terkait. Berbagai kegiatan digelar secara promotif dan implementatif, seperti Safety Town Hall Meeting, Fire Drill Competition, Launching Digital Learning Safety Basic, Cerdas Cermat K3, pemeriksaan kesehatan bagi pegawai dan mitra kerja, penandatanganan komitmen Zero Accident, sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan, senam pekerja sehat dan Apel Bulan K3. 


Berbagai kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap K3, di mana seluruh petugas dan masyarakat diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan kerja dan bahaya kelistrikan. 


“Implementasi program K3 ini juga merupakan manifestasi komitmen PLN terhadap Environment, Social, and Government (ESG), khususnya pilar Occupational Health and Safety,” pungkas Darmawan.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *