Fri. Apr 19th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Puncak acara Gelegar Cuan PLN Mobile 2022 telah sukses menarik ribuan masyarakat untuk hadir di Benteng Vastenburg, Kota Solo pada Sabtu (28/1). Tak hanya disemarakkan oleh penampilan penyanyi dan band ternama, acara ini juga dimeriahkan dengan grand prize berupa mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan ratusan hadiah menarik bagi pengguna PLN Mobile yang beruntung. 


Undian hadiah utama mobil listrik Hyundai Ioniq 5 berhasil dimenangkan oleh warga Kebumen, Jawa Tengah, Kastalim setelah melakukan penukaran poin transaksi pada aplikasi PLN Mobile.


“Ini hadiah yang tidak terduga untuk saya, sebelumnya saya pakai PLN mobile untuk keperluan pasang listrik baru di rumah, pakai PLN Mobile jadi lebih mudah, sekali lagi terima kasih buat PLN,” ungkap Kastalim.


Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, ada banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan mobil listrik. Salah satu manfaat terbesarnya adalah pengurangan emisi di sisi hilir lewat kendaraan bermotor. 


“Sebagai gambaran, 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,2 kWh listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,02 kg CO2e,” kata Darmawan.


“Artinya, pada kondisi saat ini pun, menggunakan kendaraan listrik sudah mengurangi emisi 56 persen. Seiring dengan pembangkit PLN yang akan menuju ke EBT, maka ke depan kendaraan listrik emisinya akan nol,” jelas Darmawan. 


Tak hanya dari sisi emisi,  penggunaan mobil listrik juga bisa menghemat kantong lewat biaya operasionalnya. Sebagai gambaran, mobil dengan BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama menghabiskan 1,2 kilo watt hour (kWh).


Maka, dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp1.699,53 per kWh, hanya diperlukan sekitar Rp2.500 untuk mobil listrik dan sekitar Rp14ribu untuk mobil BBM dalam menempuh jarak 10 km. Dengan begitu menggunakan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari pada menggunakan mobil BBM. 


“Jadi kalau pindah ke mobil listrik, uang yang tadinya digunakan untuk membeli bensin bisa lebih hemat. Ditambah lagi untuk pengisian daya dengan home charging, PLN akan memberikan diskon tarif sebesar 30 persen pada pukul 22.00 hingga 05.00,” tambahnya.


Di sisi lain, PLN juga sudah menyiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di seluruh Indonesia bagi masyarakat yang berpergian menggunakan mobil listrik. Tercatat hingga saat ini, PT PLN (Persero) telah menyediakan 588 SPKLU di 257 lokasi di seluruh Indonesia. 


“Jadi pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai ketika melakukan perjalanan jauh antar kota, masyarakat juga bisa melihat lokasi SPKLU melalui menu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang tersedia pada aplikasi PLN Mobile,” imbuh Darmawan.


Selain memudahkan masyarakat untuk menemukan lokasi SPKLU, kehadiran platform EVDS ini memudahkan calon pengguna kendaraan listrik untuk mendapatkan informasi seputar produk mobil atau motor listrik.


Bagi pengguna baru kendaraan listrik juga akan dimanjakan dengan promo pasang baru ‘Super Everyday’. Promo ini diberikan bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik di mana pelanggan akan diberikan layanan gratis pemasangan home charging. Selain itu pelanggan juga mendapat harga spesial penyambungan baru sebesar Rp 850 ribu daya 7.700 VA (1 fasa), dan untuk penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) Rp 3,5 juta. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2023.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *