Tue. Jun 18th, 2024
Foto Dok PLN

energikita.id – Sebanyak 12.951 pelanggan sektor pertanian, peternakan dan perikanan di Jawa Barat telah merasakan manfaat listrik PLN untuk usaha mereka melalui Program Electrifying Agriculture (EA). Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 3.444 pelanggan atau 36,23 persen dibandingkan tahun 2021 dimana jumlahnya baru 9.163 pelanggan.


Program EA merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya operasional usaha melalui pemanfaatan listrik dan teknologi modern di sektor pertanian, peternakan dan perikanan.  


“Dengan bergabung dalam EA, pelanggan dapat memanfaatkan teknologi modern berbasis energi listrik untuk mendongkrak produktivitas dan menekan biaya operasional mereka, sehingga kesejahteraannya pun meningkat,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) Susiana Mutia. 


Susi merinci, jumlah pelanggan yang mendaftar EA terdiri atas 3.658 pelanggan dari sektor pertanian, 6.846 pelanggan dari sektor peternakan, dan 590 pelanggan dari sektor perkebunan serta 1.857 pelanggan dari sektor perikanan. 


Berdasarkan data yang dihimpun PLN UID Jabar, pelanggan EA cukup tersebar di seluruh Jawa Barat. Tiga daerah dengan jumlah pelanggan tertinggi adalah Tasikmalaya dengan 2.481 pelanggan, Sumedang dengan 1.710 pelanggan, dan Cirebon dengan 1.514 pelanggan.


“Pelanggan EA di sektor pertanian sebagian besar memanfaatkan listrik dalam proses pengairan dengan menggunakan pompa dan penggilingan padi listrik. Bahkan, para petani kebun naga ataupun tanaman hidroponik menggunakan rekayasa teknologi lampu untuk meningkatkan kualitas dan jumlah produknya,” jelas Susi. 


Lebih jauh ia memaparkan, untuk pelanggan dari sektor peternakan memanfaatkan listrik PLN untuk menunjang sistem kandang tertutup di mana listrik menjadi basisnya. Sementara di sektor perikanan, pelanggan sebagian besar memanfaatkan listrik untuk penyimpanan atau cold storage, sehingga kualitas ikan dapat terjaga.


“Kami berharap pemanfaatan listrik di ketiga sektor ini dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing pelanggan. Tidak hanya di tingkat lokal atau nasional, tapi juga global,” kata Susi.


Tercatat sampai Desember 2022 total daya tersambung pelanggan EA adalah 406.740.950 volt ampere (VA). Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 18,96 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (Year on Year).


Dari sisi total penjualan listrik, jumlah penjualan listrik EA sampai dengan Desember 2022 sebesar 61.449.450 kilo watt hour (kWh) atau mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 19,20 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


“Pelanggan PLN dapat mendaftar program EA melalui PLN Mobile atau bisa mengunjungi kantor PLN terdekat. Dengan mendaftar program EA, tempat usaha pelanggan dapat langsung teraliri listrik PLN tanpa menarik kabel dari rumah pelanggan, sehingga lebih nyaman dan aman,” tutup Susi.(*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *